Ibu-Ibu Antarbangsa Buat Rekor ASI

Agustus 15, 2007 ryev4

NICOSIA-Breastfeeding is the best feeding. ASI adalah makanan terbaik. Lewat tema itu, para ibu di banyak negara bahu-membahu memecahkan rekor dunia menyusui bersama-sama untuk memeriahkan Pekan ASI Dunia. Di negara masing-masing, mereka membentuk perkumpulan menyusui kemarin.

Di tengah sulitnya mencari waktu bagi ibu untuk menyusui bayinya, gerakan ini cukup disambut baik. Ibu-ibu dari negara-negara maju seperti AS, Australia, Irlandia, Selandia Baru, Singapura, juga dari negara berkembang seperti Filiphina dan Siprus ikut memeriahkannya. Para pria ikut dalam pawai bersama ibu-ibu di Watsonville, California. Mereka meneriakkan “Dar leche materna“, istilah ASI untuk Spanyol. Menurut Santa Cruz Sentinel, mereka juga menuliskan pesan, “ASI adalah persembahan dari hati”.

Bagi Rashel Brandon, ibu dari tiga anak, ASI dianggapnya menghemat biaya. “Saya menghemat USD 5.000 (Rp. 45 juta) setahun dengan tanpa menggunakan susu formula kepada semua anak saya.” Ia bangga putranya tak pernah sakit sampai dia menyetop ASI. Yang terpenting, ASI memperkuat ikatan batinnya dengan sang anak. “Ini hal terbaik yang bisa dipersembahkan ibu kepada anaknya, “kata Jennifer Awwad, 29, yang menggendong putranya Nicola yang berusia 6 hari di Nicosia, Siprus. Dia mengakui sedikit sulit menyusui, dan ibu-ibu membutuhkan banyak dukungan. Dia gembira ketika bayinya menempel untuk menyusui.

Belum diketahui jumlah terakhir peserta menyusui masal di 18 negara tersebut. Saat ini rekor menyusui simultan dipegang Filipina yang mengumpulkan 14.000 ibu menyusi serempak di 400 tempat pada 2006, sedangkan rekor untuk satu tempat 3.541 ibu.

Dalam kampanye mengembalikan “khitah” ibu-ibu untuk menyusui itu juga disserukan bahwa ASI tak tergantikan. Menyusui bayi pada awal-awal kelahiran akan menjaga saraf dan kulit bayi dari bakteri serta memberikan antibodi dan protein-protein pelindung lain yang berfungsi sebagai imunisasi pertama ASI juga melindungi bayi dari asma. Pokoknya ASI memang Top.

Entry Filed under: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Agustus 2007
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: